Biostimulan: Terobosan Baru dalam Dunia Pertanian yang Perlu Diketahui

Biostimulan: Terobosan Baru dalam Dunia Pertanian yang Perlu Diketahui

Ketika berbicara tentang pertanian modern, dua tantangan terbesar yang dihadapi adalah meningkatkan hasil panen untuk memenuhi kebutuhan populasi yang semakin meningkat dan melakukannya dengan cara yang berkelanjutan.

Untuk itu, petani perlu mencari alternatif untuk metode perlindungan dan nutrisi tanaman tradisional. Solusi yang menjanjikan untuk tantangan ini adalah biostimulan.

Biostimulan adalah senyawa atau mikroorganisme yang diterapkan pada tanaman dengan tujuan meningkatkan efisiensi nutrisi, toleransi terhadap stres abiotik dan/atau sifat kualitas tanaman, tanpa memandang kandungan nutrisinya.

BACA JUGA : Memacu Produktivitas Tanaman dengan Biostimulan

Fungsi dan Peran Biostimulan

Biostimulan bukanlah produk perlindungan tanaman atau produk perlindungan tanaman (pestisida). Sementara pupuk menyediakan nutrisi penting, atau pestisida melindungi dari hama dan penyakit, biostimulan meningkatkan proses bawaan tanaman untuk meningkatkan pertumbuhan dan ketahanan.

Biostimulan tidak menggantikan pupuk dan pestisida yang ada saat ini, tetapi dapat mengurangi kebutuhan pupuk. Biostimulan yang diaplikasikan dalam bentuk perlakuan benih cair dapat lebih hemat biaya dan memberikan potensi besar untuk meningkatkan pembentukan tegakan dibandingkan dengan metode aplikasi daun dan tanah

Pupuk dapat menyediakan tanaman yang lebih terawat dan lebih kuat. Namun, biostimulan dapat memainkan peran krusial dengan membantu tanaman tetap kuat dan tangguh serta mempercepat pemulihan mereka.

Oleh karena itu, penting untuk diingat bahwa mereka bukan pupuk dan tidak menggantikan kebutuhan akan nutrisi penting.

Meningkatkan Efisiensi Penggunaan Nutrisi (Enhancing Nutrient Use Efficiency, NUE)

Salah satu fungsi utama dari biostimulan adalah untuk meningkatkan efisiensi penggunaan nutrisi (NUE).

Dengan meningkatkan kemampuan tanaman untuk menyerap dan menggunakan nutrisi, biostimulan dapat melengkapi penggunaan pupuk, berpotensi mengurangi kebutuhan tambahan secara keseluruhan. Hal ini menurunkan biaya produksi bagi petani dan mengurangi dampak lingkungan yang terkait dengan aliran nutrisi dan pencucian.

Biostimulan non-mikroba meningkatkan efisiensi penggunaan nutrisi dengan merangsang pertumbuhan akar, meningkatkan aktivitas mikroba di dalam tanah, dan memperbaiki penyerapan nutrisi. Dengan kata lain, mereka membantu tanaman menggunakan nutrisi yang sudah ada.

Biostimulan mikroba mungkin memiliki kapasitas untuk bergerak lebih jauh lagi, dengan memperbaiki N, dan melarutkan P atau K, mereka dapat meningkatkan ketersediaan nutrisi bagi tanaman.

Memacu Pertumbuhan dan Kekuatan

Biostimulan mempengaruhi jalur hormon yang kritis untuk mengatur pertumbuhan. Dr. Lopes Cancellier menjelaskan, “Biostimulan mempengaruhi berbagai jalur hormon yang kritis untuk regulasi pertumbuhan.”

Biostimulan dapat mendorong sintesis hormon tanaman seperti auksin, sitokinin, dan giberelin, yang penting untuk pembelahan sel, pemanjangan, dan diferensiasi.

Dorongan hormonal ini mengarah pada peningkatan kekuatan tanaman, pengembangan akar yang lebih baik, dan pertumbuhan keseluruhan yang lebih baik.

Meningkatkan Ketahanan Terhadap Stres

Stres lingkungan seperti kekeringan, salinitas, dan suhu ekstrem dapat secara serius mengurangi pertumbuhan tanaman dan hasil panen.

Biostimulan membuat tanaman lebih tangguh terhadap stres-stres ini dengan mengaktifkan mekanisme pertahanan mereka. Sebagai contoh, biostimulan dapat menginduksi produksi protein terkait stres dan antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan.

Biostimulan mengaktifkan mekanisme pertahanan tanaman itu sendiri, membuat mereka lebih tangguh terhadap stres lingkungan.” Ketangguhan yang meningkat ini memastikan bahwa tanaman dapat mendukung produktivitas bahkan dalam kondisi yang tidak menguntungkan.

Kesimpulan

Biostimulan memainkan peran penting dalam meningkatkan kinerja tanaman dan mempromosikan praktik pertanian yang lebih berkelanjutan. Dengan potensi untuk merevolusi pertanian, biostimulan siap menjadi alat yang tak tergantikan dalam pencarian pertanian yang lebih berkelanjutan dan produktif.

Sumber: The Essence of Biostimulants: A New Frontier in Agriculture. June 26, 2024

Author: NutaniMan ~ Nutaniman is a man behind nutani blog. Saya telah pengalaman lebih dari 15 tahun bekerja pada industri agrokimia, ini adalah cara saya membagikan apa yang saya ketahui yang terkait dengan tani, pertanian, bisnis pertanian, dan hal lain yang berkaitan dengan dunia petani. Selengkapnya Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

<