INCIPIO 200 SC – Ampuh Mengatasi Hama Beluk dan Penggerek Batang Padi Terkini

INCIPIO 200 SC – Ampuh Mengatasi Hama Beluk dan Penggerek Batang Padi Terkini

Tanaman padi merupakan salah satu sumber pangan utama bagi masyarakat di Indonesia. Namun, tanaman padi seringkali diserang oleh hama beluk dan penggerek batang yang dapat merusak hasil panen. Untuk itu, penting bagi para petani untuk mengetahui cara mengatasi hama beluk dan penggerek batang pada tanaman padi agar hasil panen tetap maksimal.

BACA JUGA: Insektisida Apa Yang Paling Ampuh Untuk Sundep?

Apa Yang Dimaksud Dengan Hama Penggerek Batang?

Hama penggerek batang (stem borer) ini merupakan hama utama dan penting pada pertanaman padi karena sering menimbulkan kerusakan berat dan kehilangan hasil yang tinggi. Hama penggerek batang pada tanaman padi adalah serangga yang menyerang batang tanaman padi. Serangga ini biasanya masuk ke dalam batang padi dan membuat lubang-lubang kecil yang dapat merusak jaringan tanaman.

Hama ini dapat merusak tanaman padi pada semua fase pertumbuhan, mulai pada saat di pembibitan, fase anakan sampai fase pembungaan.

Serangan pada pembibitan dan fase anakan menyebabkan kematian anakan muda hama ini disebut sundep. Jika serangan sundep pada fase tersebut kurang dari 5 %, kehilangan hasil tidak terlalu besar karena tanaman padi masih dapat membentuk anakan baru.

Jika serangan pada fase pembungaan menyebabkan malai tampak putih dan hampa disebut beluk.

Kapan Penggerek Batang Padi Menyerang?

Hama penggerek batang adalah salah satu hama berbahaya pada tanaman padi, karena hama ini bisa menyerang tanaman padi mulai dari persemaian, fase vegetatif, fase generatif hingga menjelang panen.

Serangan hama penggerek batang padi adalah:

(1) pada tanaman fase vegetatif, larva memotong bagian tengah anakan menyebabkan pucuk layu, mengering dan pada akhirnya mati,

(2) pada fase generatif, menyebabkan malai muncul putih.

Tanaman padi yang diserang hama penggerek batang biasanya akan mengalami pembusukan pada bagian batang. Selain itu, tanaman padi yang diserang juga akan tampak layu dan mengalami penurunan pertumbuhan.

Bagaimana Cara Mengatasi Sundep Pada Tanaman Padi?

Untuk mengatasi sundep pada tanaman padi, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh petani. Pertama, petani dapat melakukan penanaman varietas padi yang tahan terhadap serangan sundep. Petani juga dapat membersihkan gulma di sekitar lahan tanam padi dan melakukan rotasi tanaman untuk mengurangi populasi hama.

Selain pengendalian dengan juga dapat dilakukan secara kimia dengan mengaplikasikan Insektisida Incipio 200 SC.

Insektisida Apa Yang Paling Ampuh Untuk Sundep?

Untuk mengendalikan hama penggerek batang gunakan insektisida Incipio 200 SC dari Syngenta yang berbahan aktif isosikloseram 200 g/l.

Incipio merupakan Insektisida dengan CARA KERJA BARU yang TERKINI dan MUTAKHIR untuk melindungi tanaman padi dari serangan penggerek batang padi.

Kapan Penyemprotan Insektisida Incipio 200SC Pada Padi?

Lakukan penyemprotan dengan volume tinggi (250 L/ha) atau sesuai kalibrasi dengan dosis 1.2 ml/l.

Penyemprotan insektisida pada tanaman padi sebaiknya dilakukan saat tanaman padi masih muda, yaitu sekitar 1-2 bulan setelah tanam. Penyemprotan insektisida dapat membantu mengendalikan populasi hama penggerek batang dan mengurangi kerusakan pada tanaman padi.

Dalam semusim aplikasi 2 kali dengan interval waktu aplikasi kedua tepat 14 hari

Dapat Insektisida Incipio di marketplace

TOKOPEDIA: Incipio 200SC – 100 ml

SHOPEE: Incipio 200 SC – 100 ml

Dengan mengetahui cara mengatasi hama beluk dan penggerek batang pada tanaman padi, para petani dapat mengurangi kerugian akibat serangan hama dan memperoleh hasil panen yang optimal. Selain itu, penggunaan metode pengendalian hama yang ramah lingkungan juga dapat membantu menjaga keseimbangan ekosistem di lahan pertanian.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi para petani dalam mengelola tanaman padi secara efektif dan efisien.

 

Author: Roup Purohim~ Nutaniman is a man behind nutani blog. Saya telah pengalaman lebih dari 15 tahun bekerja pada industri agrokimia, ini adalah cara saya membagikan apa yang saya ketahui yang terkait dengan tani, pertanian, bisnis pertanian, dan hal lain yang berkaitan dengan dunia petani. Selengkapnya Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

<