Ingin Tahu Berapa Harga Kunyit Hitam Di Pasaran?

Ingin Tahu Berapa Harga Kunyit Hitam Di Pasaran?

Apa itu Kunyit Hitam

Kunyit hitam berasal dari Negara India, disana dijadikan sebagai tanaman obat tradisional. Kunyit hitam merupakan salah satu kelompok tanaman Zingiberaceae, yang memiliki nama latin Curcuma caesia. Bentuk kunyit hitam sama seperti kunyit biasa namun rimpangnya berwarna hitam gelap jika sudah matang.

  • Nama latin: Curcuma caesia
  • Famili : Zingerberraceae
  • Nama Biasa : Kunyit Hitam
  • Nama Lain : Kali Haldi,Black Turmeric, Black Zedoary
  • Taburan kawasan tumbuh : Kawasan TROPIKA
  • Negara Asal : INDIA
  • Kategori : Rempah Herbal

BACA JUGA : Kenali Kunyit Hitam Yang Dijual Jenis Apa

Kunyit Hitam adalah sejenis kunyit yang jarang di temui dan sangat mujarab untuk mengobati penyakit – penyakit yang sangat kronis. Disamping nilai poin nya sangat tinggi untuk kesembuhan penyakit, harga nya juga mempunyai nilai yang tinggi pula.

Kunyit hitam berasal dari Negara India, disana dijadikan sebagai tanaman obat tradisional. Namun sayang sekali, tanaman ini jarang sekali ditemukan. Di Indonesia budidaya tanaman KUNYIT HITAM sangatlah sedikit, padahal tanaman ini sangat dicari terutama dalam industri obat-obatan.

Kunyit hitam dikenal telah terbukti kemujarabanya untuk mengobati penyakit-penyakit tertentu, mulai dari penyakit ringan hingga penyakit yang sangat berat sekalipun . Kandungan yang dimiliki tanaman ini sangatlah beragam , seperti memiliki kandungan kurkumin, desmetoksikumin dan bisdesmetolsikurkumin.

Kunyit hitam juga mengandung minyak atsiri yang merupakan gabungan dari keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%, zingiberen 25%, feladren, sabinen, borneol dan sineil. Kandungan kandungan lain seperti lemak rendah, karbohidrat rendah, protein, pati, vitamin C dan mineral. Kandungan tersebut sangatlah baik untuk kesehatan terutama dalam masa penyembuhan.

Produk Turunan Kunyit Hitam

Produk turunan dari kunyit hitam sudah banyak dijual di negara tetangga, seperti Malaysia.  Di Indonesia belum banyak.  Saatnya sekarang, peluang masih terbuka luas.

Banyak dijual kapsul, dan produk lainnya yang dikombinasikan dengan kunyit hitam seperti kunyit hitam + madu + jinten hitam (habatusaida), seperti yang dilakukan oleh @TrigonaSeno berikut ini.

1. Setelah dikeringkan angin, kemudian dibersihkan tanahnya memakai kuas. Lanjut dijemur kembali sampai benar² kering, setelahnya dicuci untuk memastikan bersih dari tanah, dan dikeringkan lagi. Setelahnya lanjut untuk dirajang dan dikeringkan, jemur sinar matahari lanjut oven.

2. Setelah proses pengeringan diatas kemudian proses selanjutnya adalah penepungan. Kunyit Hitam yang sudah kering digiling sampai menjadi tepung.

3. Setelah proses penepungan selesai dilakukan pengayakan. Pemisahan sampah yaitu kulit kering yg tidak bisa tergiling halus.

4. Dalam prosesnya bisa dikombinasikan dengan tepung bee polen dan tepung jinten hitam habbatussauda.

4. Kapsul superfood/suplemen ini.

Berapa Harga Kunyit Hitam

Berapa harga kunyit hitam, bisa di cek di market place.

Jika diberikan nilai tambah dengan mengolah lebih lanjut, maka nilainya (profit) akan lebih tinggi lagi.  Ini adalah tangkapan layar dari Trigona Seno,  dari penjulan 5 Kg tepung kunyit hitam yang dihargai sebesar 18 juta atau 3,6 jt per kg.  Bandingkan jika hanya menjual bibit, menjual produk tepungnya jauh lebih menguntungkan.

Khasiat Kegunaan Kunyit Hitam Untuk Kesehatan

Kunyit hitam merupakan salah satu tanaman rimpang yang memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Bahkan dapat dikatakan, kunyit menjadi salah satu tanaman obat yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai keluhan. Mulai dari meredakan peradangan, mengatasi perut kembung dan maag, mengurangi mual, meredakan nyeri haid dan sebagainya.

Beberapa manfaat kunyit tersebut tidak lain didapatkan dari kandungan kurkumin yang terdapat di dalamnya. Kandungan kurkumin ini berfungsi sebagai pereda nyeri alami sehingga secara efektif akan mengurangi hingga menghilangkan berbagai gangguan peradangan.

Diktutip dari Kompas.com, manfaat yang terkandung dalam kunyit hitam adalah:

  1. Mengobati penyakit cacingan
  2. Mengobati kulit gatal
  3. Meminimalisir rasa sakit akibat penyakit Osteoartritis (osteoarthritis merupakan gangguan nyeri dan kekakuan pada persendian).
  4. Mengobati gangguan maag
  5. Mengobati penyakit kulit
  6. Obat alami untuk radang usus
  7. Meningkatkan stamina bagi penderita jantung koroner
  8. Melancarkan menstruasi
  9. Menyuburkan organ reproduksi
  10. Mengatasi penyakit kanker

Manfaat kunyit lainnya seperti ditambahkan dalam artikel Meredeka.com adalah:

  1. Mengatasi Berbagai Penyakit Paru-Paru
  2. Meredakan Rasa Nyeri
  3. Menghambat Pertumbuhan dan Mencegah Sel Kanker
  4. Mengontrol Berat Badan dan Kadar Gula Darah
  5. Sumber Antioksidan: Kandungan kurkurmin yang terdapat dalam kunyit dinilai sangat efektif membantu menetralkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini dapat mencegah berbagai efek penuaan dan risiko berkembangnya sel kanker di dalam tubuh.
  6. Menambah Stamina: Manfaat kunyit hitam bagi kesehatan yang terakhir adalah mampu menambah stamina. Kunyit hitam ini berperan sebagai suplemen nutrisi yang mampu meningkatkan stamina dan vitalitas tubuh.

Manfaat ini bisa didapatkan jika kunyit dikonsumsi dalam jumlah kecil. Hindari konsumsi kunyit hitam lebih dari 500 mg per hari karena dapat memberikan efek berbahaya bagi tubuh.

Manfaat lain seperti meredakan amandel, nyeri, atau sendi kaku juga merupakan sebagian dari kelebihan kunyit ini. Ditambah lagi, kunyit hitam diketahui memiliki sifat antioksidan dan antijamur —membantu melawan peradangan dalam tubuh serta menjauhkan infeksi.

Namun dikutip dari Kumparan.com, hingga saat ini, penelitian tentang manfaat dan potensi kegunaan kunyit hitam masih terbatas. Menurut laporan tahun 2013, hanya ada sedikit informasi yang tersedia mengenai sifat klinis, toksisitas, dan fitoanalitik tanaman ini. Beberapa studi fitokimia telah dilaporkan tetapi masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Credit images: @TrigonaSeno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *