Kitab Tani Organik, Panduan Pertanian Organik.  Download DISINI

Kitab Tani Organik, Panduan Pertanian Organik. Download DISINI

Organik

Organik adalah istilah pelabelan yang menyatakan bahwa suatu produk telah diproduksi sesuai dengan standar sistem pertanian organik dan disertifikasi oleh Lembaga Sertifikasi Organik yang telah diakreditasi.

Pertanian Organik

Pertanian organik merupakan teknik budidaya pertanian yang berorientasi pada pemanfaatan bahan-bahan alami (lokal)  tanpa menggunakan bahan-bahan kimia sintesis seperti pupuk, pestisida (kecuali bahan yang diperkenankan). 

Teknik budidaya lainnya bertumpu pada peningkatan  produksi, pendapatan serta berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.

Pertanian organik (Organic Farming) adalah suatu sistem pertanian yang mendorong tanaman dan tanah tetap sehat melalui cara pengelolaan tanah dan tanaman yang disyaratkan dengan pemanfaatan  bahan-bahan organik atau alamiah sebagai input, dan menghindari penggunaan pupuk buatan dan pestisida kecuali untuk bahan-bahan yang diperkenankan ( IASA, 1990).

Keuntungan Pertanian Organik

Keuntungan lain dari menerapkan sistem pertanian organik ini, antara lain:

1. Biaya Ringan

Bagi petani biaya adalah konsen tertinggi.  Jika bisa menghemat biaya maka pendapatan akan berlipat.

Dalam hal ini dengan megggunakan pupuk organik seperti kompos dan pupuk kandang yang dapat dibuat sendiri sehingg biaya pupuk semakin dapat ditekan

2. Keseimbangan Ekosistem

Pertanian organik memberikan keuntungan bagi alam dengan menoleransi organisme pengganggu selama masih berada di bawah ambang batas aman, alias tidak perlu dibasmi. Organisme atau hama ini sebenarnya memiliki peran sebagai penyeimbang.

3. Meningkatkan Kesuburan Tanah

Dengan memanfaatkan kembali bahan organik kualitas tanah pertanian pun semakin sehat dan subur. Limbah pertanian berkurang, kualitas air tanah aman untuk dikonsumsi, populasi mikroorganisme tanah juga meningkat, sehingga pH tanah tetap terjaga.

4. Minat Terhadap Produk Organik

Masyarakat Indonesia saat ini sudah mulai membuka mata dan hati untuk hidup lebih sehat. Mereka mengurangi konsumsi makanan berbahan pengawet, makanan siap saji, dan makanan berbahan kimia lainnya.

Tujuan Pertanian Organik

Tujuan utama dari pertanian organik adalah untuk mengoptimalkan produktivitas komunitas organisme di tanah, tumbuhan, hewan dan manusia yang saling tergantung satu sama lain.

Pertanian organik menyediakan produk-produk pertanian, terutama bahan pangan yang aman bagi kesehatan produsen dan konsumen dan tidak merusak lingkungan. 

Budidaya organik juga bertujuan untuk meningkatkan siklus biologi dengan melibatkan mikro organism, flora, fauna, tanah, mempertahankan  dan meningkatkan kesuburan tanah, meningkatkan segala bentuk polusi dan mempertimbangkan dampak social ekologi yang lebih luas.

Prospek Pertanian Organik

Pertanian organik di Indonesia memiliki prospek bisnis yang bagus.

Harganya jual yang tinggi di pasar, sehingga akan memberi keuntungan yang dapat meningkatkan kesejahteraan petani organik. Dibanding dengan pertanian anorganik, harga jual hasil pertanian alami bisa mencapai dua kali lipat bahkan lebih.

Akan semakin menguntungkan lagi, bila para petani dapat memanfaatkan limbah alami di sekitar untuk membuat pupuk kompos maupun pupuk kandang. Artinya, biaya pembelian pupuk bisa lebih dipangkas.

Pemupukan organik

Pemupukan dalam pertanian organik wajib menggunakan pupuk organik.

Jenis pupuk organik yang diperbolehkan adalah pupuk hijau, pupuk kandang, pupuk kompos dan variannya, serta pupuk hayati. Untuk mengetahui lebih detailnya silahkan baca jenis-jenis pupuk organik.

Pertanian organik juga bisa menggunakan penyubur tanah atau disebut juga pupuk hayati. Penyubur tanah ini merupakan isolat bakteri-bakteri yang bisa memperbaiki kesuburan tanah. Saat ini pupuk hayati banyak dijual dipasaran seperti EM4, Biokulktur, dll.

Pupuk hayati juga bisa dibuat sendiri dengan mengisolasi mikroba dari bahan-bahan organik.

Aplikasi Kitab Tani Organik

Resep cara bertani organik dengan memanfaatkan sumber daya lokal saat ini sangat berkembang.  Banyak jenis resep untuk satu tujuan penggunaan.  Tidak ada aturan baku dalam resep bertani organik.  Ketiadaan satu bahan bisa diganti dengan bahan lain, asalkan kandungan bahannya memiliki kesaamaan atau kemiripan.

Banyak praktisi organik yang dengan suka rela menyebarkan resep-resep cara bertani organik baik di Facebook, Instagram, Twitter atau melalui blog. 

Kabar baiknya kini beberapa resep sudah tersedia di aplikasi android, sehingga kita bisa denga mudah mengakses resep-resep tersebut.   Nama aplikasinya “KITAB TANI ORGANIK” yang bisa diunduh DISINI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *