Mengatasi Hama Wereng Padi: Insektisida Wereng Padi Paling Ampuh

Mengatasi Hama Wereng Padi: Insektisida Wereng Padi Paling Ampuh

Sedang mengalami serangan wereng ya?

Jika iya, artikel ini layak dibaca dan jadi panduan. Namun terlebih dahulu ketaui apa itu wereng pada padi, karena Hama wereng pada padi dapat menyebabkan kerugian yang cukup besar, mulai dari penurunan produktivitas tanaman hingga kematian tanaman padi.

Hama wereng adalah sejenis serangga kepik terbang yang memiliki kebiasaan untuk menghisap cairan tanaman.

Wereng dibedakan menjadi 3 jenis yakni wereng hijau, wereng coklat dan wereng punggung putih. Wereng coklat (Nilaparvata lugens) merupakan hama yang sangat merugikan untuk tanaman padi.

Wereng merupakan serangga yang biasa bergerak dalam kawanan yang banyak dan mampu berpindah tempat dengan terbang hingga 100 km.

Dalam perkembangbiakannya wereng juga tergolong sangat cepat sehingga akan menyerang suatu wilayah dengan cepat. Selain menghisap cairan pada tanaman padi, ternyata wereng juga mampu menularkan virus tungro.

Baca Juga : Inilah Fungisida Difenokonazol Pengendali Penyakit Tanaman yang Efektif

Bagaimana Cara Mengatasi Hama Wereng Pada Padi?

Untuk mengatasi hama wereng pada padi, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh para petani.

Pertama, para petani perlu melakukan monitoring secara rutin terhadap tanaman padi mereka. Dengan melakukan monitoring secara rutin, para petani dapat mengidentifikasi adanya serangan hama wereng pada padi lebih dini sehingga tindakan pencegahan dapat segera dilakukan.

Selain itu, para petani juga perlu menjaga kebersihan lahan pertanian mereka. Membersihkan gulma dan sisa-sisa tanaman yang sudah dipanen dapat membantu mengurangi populasi hama wereng pada padi.

Penggunaan varietas padi yang tahan terhadap serangan hama wereng juga dapat menjadi solusi yang efektif.

Hama Wereng Itu Seperti Apa?

Hama wereng pada padi memiliki ciri-ciri yang mudah dikenali. Wereng biasanya berwarna coklat dan memiliki ukuran yang kecil. Mereka dapat ditemukan di bagian tanaman padi yang masih muda, seperti daun dan batang tanaman. Serangan hama wereng pada padi dapat menyebabkan daun tanaman menjadi kuning dan mengering.

Tanda-tanda serangan wereng coklat:

  • Kuning, coklat dan tanaman sekarat : tanaman terbakar/gosong

  • Infeksi jamur dan bakteri pada tanaman

  • Embun madu dan jamur di daerah yang terinfeksi

  • Mengurangi pertumbuhan, kekuatan, dan tinggi tanaman, kemudian menyebabkan berkurangnya jumlah anakan produktif

Wereng Menyerang Padi Pada Umur Berapa?

Hama wereng biasanya menyerang tanaman padi pada usia yang masih muda, yaitu sekitar 2-3 minggu setelah tanam. Pada usia tersebut, tanaman padi masih rentan terhadap serangan hama wereng sehingga perlu dilakukan tindakan pencegahan yang tepat.

Kapan Waktu Penyemprotan Hama Wereng?

Waktu penyemprotan hama wereng pada padi sangat penting untuk memastikan efektivitas pengendalian hama. Hama wereng batang cokelat hidup pada pangkal batang padi.

Binatang ini mempunyai siklus hidup antara 3-4 minggu yang dimulai dari telur (selama 7-10 hari), Nimfa (8-17 hari) dan Imago (18-28 hari).

Saat menjadi nimfa dan imago inilah wereng batang cokelat menghisap cairan dari batang padi.

Waktu penyemprotan dengan insektisida dilakukan pada fase nimfa dan imago, namun demikian kita bisa menlakukan pengendalian sejak awal yakni pada fase telur.

Penyemprotan hama wereng pada padi sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari ketika wereng sedang aktif. Selain itu, penyemprotan juga sebaiknya dilakukan saat kondisi cuaca cerah dan tidak hujan untuk memastikan obat hama wereng dapat bekerja dengan baik.

Apa Obat Hama Wereng?

Untuk mengatasi hama wereng pada padi, terdapat berbagai jenis obat hama wereng yang dapat digunakan. Salah satu obat hama wereng padi paling ampuh adalah insektisida jenis organofosfat. Insektisida ini mampu membunuh hama wereng pada padi dengan cepat dan efektif.

Gunakan Plenum untuk Membasmi Wereng Coklat

Plenum 50WG merupakan Insektisida sistemik yang bersifat menghambat aktivitas makan serangga, berbentuk butiran berwarna kecoklatan yang dapat disuspensikan dalam air untuk mengendalikan hama wereng coklat, wereng punggung putih, dan wereng hijau.

Namun Plenum juga efektif untuk mengendalikan kepinding tanah dan walang sangit pada tanaman padi.

Penyemprotan volume tinggi (400-800 l/ha) atau sesuai kalibrasi. Aplikasi dilakukan apabila populasi/ intensitas serangan hama telah mencapai ambang kendali atau sesuai rekomendasi setempat.

Dosis yang digunakan adala 300 g/ha.

Dapatkan Insektisida Plenum 50 WG di Marketplace;

Tokopedia: Plenum 50 WG- 100 Gr Lihat produk disini

Shopee: Plenum 50 WG- 100 Gr Lihat produk disini

Perlindungan lebih lama dari Wereng Coklat

Plenum terbukti tuntas dalam membasmi wereng coklat. Segera memberikan perlindungan dari awal pada tanaman padi. Formulasi Plenum menembus dengan mudah ke dalam tanaman dan efektif bekerja bahkan ketika ada banyak hujan.

Dampak wereng coklat sangat besar. Jika tidak ditangani, akan menyebabkan kehilangan hasil panen yang banyak. Dengan Plenum, Anda punya kendali terhadap hama padi dan juga tanaman padi Anda.

Dengan melakukan langkah-langkah pengendalian hama wereng pada padi secara tepat dan efektif, para petani dapat mengurangi kerugian yang disebabkan oleh serangan hama wereng.

Author: Roup Purohim~ Nutaniman is a man behind nutani blog. Saya telah pengalaman lebih dari 15 tahun bekerja pada industri agrokimia, ini adalah cara saya membagikan apa yang saya ketahui yang terkait dengan tani, pertanian, bisnis pertanian, dan hal lain yang berkaitan dengan dunia petani. Selengkapnya Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

<