Rahasia Memaksimalkan Pengisian Bulir Padi: Dari Ujung Hingga ke Pangkal!

Rahasia Memaksimalkan Pengisian Bulir Padi: Dari Ujung Hingga ke Pangkal!

Fase bunting pada tanaman padi seringkali menjadi momen penuh tantangan namun krusial bagi para petani padi.

Fase ini tidak hanya menentukan jumlah bulir yang akan terbentuk tetapi juga kualitas dari bulir tersebut. Masalah seperti bulir padi yang tidak terisi penuh sampai ke pangkal sering kali menjadi mimpi buruk yang menghantui para petani, mengurangi total hasil panen yang bisa didapatkan.

BACA JUGA : Cara Mengatasi Bulir Padi Kosong untuk Meningkatkan Hasil Panen

Penyemprotan Untuk Meningkatkan Bobot Gabah

Salah satu kunci utama adalah pentingnya penyemprotan nutrisi tambahan. Dalam fase bunting, aplikasi nutrisi mikro seperti kalsium dan boron, serta hormon pertumbuhan (zpt) agar dapat meningkatkan bobot gabah.

Kalsium berperan vital dalam memperkuat dinding sel tanaman, sementara boron berfungsi dalam proses pembungaan dan pembentukan benih. Hormon pertumbuhan, di sisi lain, memacu pertumbuhan dan pembelahan sel, memastikan bulir padi berkembang maksimal.

Perlakuan ini, jika dilakukan dengan tepat, tidak hanya memperkuat tanaman untuk menghadapi berbagai kondisi cuaca tapi juga meningkatkan efisiensi penyerapan nutrisi.

Hal ini, pada gilirannya, memastikan bahwa setiap bulir padi terisi penuh, dari ujung hingga ke pangkal, meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen secara signifikan.

BACA JUGA: Tingkatkan Hasil Panen dengan Teknologi Hibrid Fungisida Difenokonazol + Biostimulan

Fokus pada Nutrisi, Bukan Hanya Pestisida

Penting juga untuk menjaga keseimbangan antara nutrisi dan penggunaan pestisida. Serangan hama dan penyakit memang perlu diwaspadai, namun pemberian nutrisi yang tepat dan terjadwal menjadi lebih penting dalam mendukung fase generatif tanaman padi.

Penggunaan pestisida harus dilakukan secara bijak, dengan tidak mengabaikan kebutuhan nutrisi tanaman yang akan mendukung pembentukan dan pengisian bulir secara optimal.

Perlakuan khusus saat padi bunting agar bulir padi bernas sampai pangkal antara lain menjaga ketinggian air antara 3-5 cm saat padi bunting selama kurang lebihnya 3-5 hari.

Penyemprotan Untuk Meningkatkan Bobot Gabah

Penggunaan fungisida memegang peranan penting dalam melindungi tanaman padi dari serangan hama dan penyakit, seperti Blast dan bercak daun

Rekomedasi fungisida yang dipakai adalah Propus Plus yang efektif dalam mempercepat pengisian bulir padi dan mempercepat proses pematangan. Aplikasi fungisida Propus Plus ini dilakukan dua kali, yaitu pada fase tanaman muda dan saat bulir padi hampir penuh, sebagai langkah strategis untuk memastikan perlindungan tanaman sekaligus mendukung kualitas hasil panen.

Selain itu, penggunaan nutrisi tambahan seperti Monocalcium Phosphate (MKP), yang kaya akan kalium, dan Gibro nutrisi zat pengatur pertumbuhan untuk yang mendukung proses pengisian bulir padi.

Program nutrisi ini dirancang untuk meningkatkan berat gabah dan mempercepat proses pematangan, sehingga petani dapat menikmati hasil panen yang lebih baik dan lebih cepat.

Dengan menerapkan perlakuan khusus yang dibahas, diharapkan petani dapat mencapai hasil panen yang maksimal.

Selamat mencoba!

Author: NutaniMan ~ Nutaniman is a man behind nutani blog. Saya telah pengalaman lebih dari 15 tahun bekerja pada industri agrokimia, ini adalah cara saya membagikan apa yang saya ketahui yang terkait dengan tani, pertanian, bisnis pertanian, dan hal lain yang berkaitan dengan dunia petani. Selengkapnya Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

<