Solusi Agar Buah Padi Berisi Penuh Dan Tidak Hampa

Solusi Agar Buah Padi Berisi Penuh Dan Tidak Hampa

Apakah Anda pernah mengalami saat-saat mengecewakan ketika buah padi yang Anda harapkan berisi penuh ternyata hampa?

Ini adalah masalah umum yang dihadapi banyak petani padi, tetapi dengan perawatan yang tepat saat padi berbunga, Anda dapat mengatasi masalah ini.

Fase pembungaan adalah masa kritis dalam siklus hidup tanaman padi, di mana setiap langkah perawatan yang Anda ambil dapat berdampak langsung pada kualitas dan kuantitas panen Anda.

BACA JUGA : Rahasia Terungkap! Cara Ampuh Meningkatkan Jumlah Anakan Padi Produktif

Begini Cara Merawat Padi saat Berbunga

Beberapa poin penting disoroti untuk membantu petani mencapai hasil panen yang melimpah dan berkualitas.

Tips cara merawat padi saat berbunga varietas Inpari 32

Pentingnya Pengairan: Ketersediaan air yang cukup selama fase pembungaan sangat krusial. Pengairan yang menyeluruh dan kontinu tidak hanya memberi dukungan nutrisi tapi juga memastikan bulir padi terisi penuh, menghindari hasil yang hampa.

Hentikan Pemupukan dan Penyemprotan: Sangat penting untuk menghentikan pemupukan atau penyemprotan kimia saat tanaman berada dalam fase pembungaan. Aktivitas ini dapat mempengaruhi proses pembentukan buah dan mengganggu perkembangan bulir padi.

Penyemprotan Setelah Berbunga: Setelah melewati fase pembungaan dan bulir mulai terisi, penyemprotan dapat dilanjutkan menggunakan fungisida untuk meningkatkan kualitas buah. Bahan aktif seperti difenokosol atau azoxystrobin adalah rekomendasi untuk fungisida, sedangkan imidacloprid dapat digunakan sebagai insektisida untuk kontrol hama.

Rekomendasi penulis gunakan fungisida Propus Plus, yang memiliki keunggulan kombinasi Difenokonazol dan biostimulan DSP, yang tidak hanya melindungi tanaman dari penyakit tanaman padi tetapi juga mampu meningkatkan hasil akibat dari penggunaan DSP.

BACA JUGA : Tingkatkan Hasil Panen dengan Teknologi Hibrid Fungisida Difenokonazol + Biostimulan

Pembersihan Pematang Sawah: Menjaga kebersihan pematang sawah tidak hanya mencegah penyebaran hama tapi juga mendukung estetika dan kebersihan lingkungan pertanian.

Dengan mengikuti panduan ini, petani dapat mengoptimalkan perawatan pada tanaman padi mereka saat fase kritis pembungaan.

Langkah-langkah ini berfokus pada solusi agar buah padi berisi penuh dan tidak hampa, menghasilkan panen yang tidak hanya melimpah tapi juga berkualitas tinggi.

Jangan lupa untuk like, comment, share, dan subscribe channel “Temen Bertumbuh” untuk mendapatkan lebih banyak tips dan trik pertanian yang bermanfaat. Bersama-sama, kita dapat bertumbuh dan mencapai kesuksesan dalam dunia pertanian.

Author: NutaniMan ~ Nutaniman is a man behind nutani blog. Saya telah pengalaman lebih dari 15 tahun bekerja pada industri agrokimia, ini adalah cara saya membagikan apa yang saya ketahui yang terkait dengan tani, pertanian, bisnis pertanian, dan hal lain yang berkaitan dengan dunia petani. Selengkapnya Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

<