Pengaruh Biostimulan PROPUS pada Tanaman: Manfaat dan Cara Penggunaannya

Pengaruh Biostimulan PROPUS pada Tanaman: Manfaat dan Cara Penggunaannya

Pernahkah Anda mendengar tentang pengaruh biostimulan pada tanaman?

Biostimulan merupakan zat alami yang dapat memberikan dorongan tambahan pada pertumbuhan tanaman. Penggunaan biostimulan pada tanaman telah terbukti dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas tanaman secara signifikan.

Namun, masih banyak petani yang belum memahami secara menyeluruh tentang manfaat dan cara penggunaan biostimulan ini.

Apa Itu Biostimulan?

Biostimulan adalah zat alami atau mikroorganisme yang digunakan untuk merangsang proses tanaman. Biostimulan untuk tanaman meningkatkan pertumbuhan melalui penyerapan nutrisi, ketahanan serangga dan penyakit, kualitas dan efisiensi tanaman. Biostimulan juga mampu meningkatkan kesehatan tanah.

Dikutif dari Jurnal Budidaya Pertanian, menurut Primarine R. Tahapary, Herman Rehatta, Henry Kesaulya. (2020), Biostimulan mulai banyak digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman, terutama tanaman hortikultura dan beberapa tanaman pangan.

Pasar global untuk biostimulan telah diproyeksikan mencapai nulai pasar sebesar $ 2.241 juta pada tahun 2018 dan memiliki tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 12,5% dari 2013 sampai 2018.

Penggunaan biostimulan tanaman telah banyak diaplikasikan untuk meningkatkan produktivitas tanaman semusim. Biostimulan dapat menstimulasi pertumbuhan tanaman, meningkatkan produksi tanaman, memaksimalkan penyerapan nutrisi seperti N, P, Cu dan hara mikro lainnya serta berperan dalam efisiensi penggunaan pupuk 50% lebih hemat daripada yang seharusnya.

BACA JUGA: Apa itu biostimulan: Apa Fungsinya Untuk Tanaman?

Apa Manfaat Penggunaan Stimulan?

Penggunaan biostimulan pada tanaman memiliki beragam manfaat yang dapat dirasakan oleh para petani. Salah satu manfaat utama dari penggunaan biostimulan adalah meningkatkan daya tahan tanaman terhadap berbagai penyakit dan ham .

Selain meningkatkan pertumbuhan tanaman, biostimulan juga dapat memperbaiki karakteristik tanah. Struktur tanah secara nyata dapat meningkat dari waktu ke waktu karena:

  • Meningkatkan pertumbuhan akar dan saluran akar lebih banyak;
  • Polisakarida yang diproduksi oleh mikroba merupakan kantung perekat antara mikroba dengan tanah;
  • Meningkatkan aktivitas mikoriza; dan
  • Meningkatkan aktivitas cacing tanah yang dapat menciptakan liang yang merupakan saluran untuk udara dan air, sehingga proses pertukaran udara yang terjadi lebih banyak, resapan air meningkat dan mengurangi terjadinya erosi. Pemadatan berkurang sehingga akar bisa leluasa mengeksplorasi tanah untuk nutrisi dan air akibatnya pertumbuhan tanaman menjadi baik.

Selain itu, biostimulan juga dapat meningkatkan proses fotosintesis tanaman, sehingga tanaman dapat tumbuh dengan lebih cepat dan sehat. Selain itu, penggunaan biostimulan juga dapat meningkatkan kualitas buah dan hasil panen secara keseluruhan.

Kenapa Harus Menggunakan Stimulan?

Ada beberapa alasan mengapa petani harus menggunakan biostimulan pada tanaman mereka.

Pertama, biostimulan merupakan alternatif yang ramah lingkungan untuk meningkatkan produktivitas tanaman tanpa menggunakan bahan kimia berbahaya.

Kedua, penggunaan biostimulan dapat mengurangi biaya produksi tanaman dalam jangka panjang karena tanaman akan lebih tahan terhadap penyakit dan hama.

Ketiga, hasil panen yang dihasilkan dari tanaman yang diberi biostimulan cenderung lebih berkualitas dan memiliki daya simpan yang lebih lama.

Apa Bedanya Stimulan dengan Pupuk?

Banyak orang masih bingung antara biostimulan dengan pupuk tanaman. Perbedaan utama antara keduanya terletak pada fungsi masing-masing. Pupuk tanaman bertujuan untuk memberikan nutrisi tambahan kepada tanaman, sedangkan biostimulan bertujuan untuk meningkatkan respons tanaman terhadap nutrisi yang diberikan.

Dengan kata lain, biostimulan dapat memaksimalkan manfaat nutrisi yang diberikan oleh pupuk tanaman.

Kombinasi penggunaan kedua produk ini dapat memberikan hasil yang optimal bagi tanaman.

Propus itu Obat BioStimulan Apa?

Propus merupakan salah satu jenis biostimulan yang banyak digunakan oleh petani untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman.

PROPUS mengandung nutrisi DSP (Disodium Phofsit) cair berwarna coklat yang dapat bekerja sebagai pemacu pertumbuhan tanaman (BOOSTER/STIMULAN).

Pada fase vegetatif, kandungan fosfit memacu pembentukan arsitektur akar yang baik dan meningkatkan anakan pada padi.

Pada fase generatif, pada tanaman padi menjadikan gabah Bening dan Bersih (NINGSIH) dan meningkatkan produksi serta ketahanan terhadap penyakit

Penggunaan Propus secara teratur dapat memberikan hasil yang optimal bagi pertumbuhan tanaman.

Apa Keungggulan Propus?

Keunggulan PROPUS :

  • Memilik tiga fungsi yaitu : sebagai nutrisi, booster/stimulant dan proteksi penyakit tanaman
  • Tersedia dalam bentuk formulasi unik dan mudah terserap, baik lewat akar maupun melalui daun
  • Mudah diangkut dalam jaringan tanaman
  • Mudah larut dan menyatu dengan air
  • Dapat dicampur (compatible) dengan pestisida

Manfaat Penggunaan PROPUS

  • PROPUS mampu meningkatkan kualitas hasil dan kuantitas panen.
  • Pada tanaman berbiji mampu meningkatkan jumlah biji.
  • Pada tanaman berbuah mampu meningkatkan kualitas buah menjadi lebih berkilau dan rasa manis
  • Pada tanaman berumbi mampu memperbesar umbi.

Dapatkan produk biostimulan PROPUS di marketplace:

TOKOPEDIA: Beli biostimulan PROPUS

SHOPEE: Beli biostimulan PROPUS

LAZADA: Beli biostimulan PROPUS

Bagaimana Cara Penggunaan Propus?

Untuk menggunakan Propus pada tanaman, Anda dapat mencampurkan Propus dengan air lalu disemprotkan pada daun tanaman secara merata.

Bisa diaplikasikan pada fase vegetatif dan juga generarif.

Penggunaan Propus biasanya dilakukan pada pagi atau sore hari untuk menghindari paparan sinar matahari langsung yang dapat merusak tanaman. Selain itu, penggunaan Propus juga dapat dicampurkan dengan pupuk tanaman untuk memberikan hasil yang lebih optimal.

Pengaruh biostimulan pada tanaman memang sangat besar, terutama dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas tanaman. Penggunaan biostimulan pada tanaman dapat memberikan pengaruh yang positif pada pertumbuhan tanaman.

Dengan memahami manfaat dan cara penggunaannya, Anda dapat meningkatkan produktivitas tanaman Anda secara signifikan.

Jadi, jangan ragu untuk menggunakan biostimulan seperti propus dalam perawatan tanaman Anda.

Referensi:

Primarine R. Tahapary, Herman Rehatta, Henry Kesaulya., 2020. Pengaruh Aplikasi Biostimulant terhadap Pertumbuhan dan Produksi Salada (Letuca sativa L.). Jurnal Budidaya Pertanian Vol 16(2): 109-117 Th 2020.

Author: Roup Purohim~ Nutaniman is a man behind nutani blog. Saya telah pengalaman lebih dari 15 tahun bekerja pada industri agrokimia, ini adalah cara saya membagikan apa yang saya ketahui yang terkait dengan tani, pertanian, bisnis pertanian, dan hal lain yang berkaitan dengan dunia petani. Selengkapnya Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

<