Waktu yang Tepat Penyemprotan Fungisida Score pada Tanaman Padi

Waktu yang Tepat Penyemprotan Fungisida Score pada Tanaman Padi

Ketika musim panen tiba, para petani di Indonesia akan berlomba-lomba untuk memperoleh hasil panen yang terbaik. Namun, dalam usaha tersebut, banyak faktor yang harus diperhatikan, salah satunya adalah perlindungan terhadap tanaman dari serangan hama dan penyakit.

Tanaman padi merupakan salah satu komoditas pangan penting di Indonesia. Namun, produksi padi seringkali terganggu oleh serangan hama dan penyakit, salah satunya adalah penyakit blas atau blast.

Penyakit ini dapat merusak daun dan batang padi, bahkan dapat menurunkan produksi hingga 50%. Untuk mencegah dan mengendalikan penyakit ini, petani sering menggunakan fungisida Score. Namun, penyemprotan fungisida Score yang tidak tepat waktu dapat mengakibatkan kerusakan tanaman dan berdampak pada hasil panen.

Oleh karena itu, artikel ini akan membahas waktu yang tepat untuk penyemprotan fungisida Score pada tanaman padi.

Baca Juga: Apa itu biostimulan: Apa Fungsinya Untuk Tanaman?

Apa itu Fungisida Score?

Score adalah salah satu jenis fungisida yang sering digunakan oleh para petani untuk melindungi tanaman padi dari serangan penyakit. Fungisida ini berbentuk cairan yang memiliki kandungan bahan aktif difenoconazole. Bahan aktif ini berfungsi untuk menghambat pertumbuhan jamur penyebab penyakit pada tanaman padi.

Kenapa Waktu Penyemprotan Fungisida Score Penting?

Waktu penyemprotan fungisida Score sangat penting untuk memastikan efektivitas dalam melindungi tanaman padi dari serangan penyakit. Jika penyemprotan dilakukan terlalu cepat atau terlambat, maka hasil yang diperoleh tidak akan maksimal. Selain itu, penggunaan fungisida yang berlebihan juga dapat menyebabkan resistensi pada jamur penyebab penyakit.

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Penyemprotan Fungisida Score?

Waktu yang tepat untuk penyemprotan fungisida Score pada tanaman padi adalah pada saat tanaman padi berusia 14-21 hari setelah tanam. Pada saat usia tanaman ini, tanaman padi masih dalam fase pertumbuhan vegetatif dan belum memasuki fase pembentukan malai. Selain itu, pada usia tanaman ini, sistem pertahanan tanaman padi terhadap serangan penyakit masih lemah sehingga perlu dilakukan perlindungan dengan menggunakan fungisida.

Tanaman Padi

Bagaimana Cara Penyemprotan Fungisida Score yang Tepat?

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan penyemprotan fungisida Score. Pertama, pastikan cuaca sedang cerah dan tidak hujan saat melakukan penyemprotan. Hal ini dilakukan agar fungisida dapat menempel dengan baik pada tanaman padi.

Kedua, gunakan alat semprot yang tepat dan pastikan jumlah air dan konsentrasi fungisida yang digunakan sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Tidak disarankan untuk menggunakan dosis yang lebih tinggi dari yang dianjurkan karena dapat menyebabkan resistensi pada jamur penyebab penyakit.

Ketiga, pastikan penyemprotan dilakukan secara merata pada seluruh bagian tanaman padi, termasuk daun, batang, dan malai. Hal ini bertujuan agar fungisida dapat menjangkau seluruh bagian tanaman padi dan melindungi tanaman dari serangan penyakit.

Seberapa Sering Penyemprotan Fungisida Score Dilakukan?

Penyemprotan fungisida Score dilakukan dengan interval waktu yang teratur untuk memastikan perlindungan yang maksimal terhadap tanaman padi dari serangan penyakit. Interval waktu yang dianjurkan adalah 7-10 hari sekali.

Apa Saja Penyakit yang Dapat Dihilangkan dengan Fungisida Score?

Fungisida Score dapat digunakan untuk melindungi tanaman padi dari berbagai penyakit, di antaranya adalah blast, karat, dan bercak daun. Blast adalah penyakit yang disebabkan oleh jamur Pyricularia oryzae yang menyerang bagian pucuk dan malai tanaman padi. Karat adalah penyakit yang disebabkan oleh jamur Puccinia spp. yang menyerang daun tanaman padi. Sedangkan bercak daun adalah penyakit yang disebabkan oleh jamur Cercospora spp. yang menyerang daun tanaman padi.

Apakah Fungisida Score Berbahaya Bagi Kesehatan Manusia?

Score termasuk dalam kategori fungisida yang relatif aman untuk digunakan. Namun, seperti halnya dengan penggunaan pestisida atau bahan kimia lainnya, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar penggunaan fungisida Score tidak berbahaya bagi kesehatan manusia. Pertama, pastikan untuk menggunakan alat pelindung diri seperti masker, sarung tangan, dan kacamata saat melakukan penyemprotan. Kedua, hindari menghirup uap atau debu yang dihasilkan selama penyemprotan.

Kesimpulan

Penyemprotan fungisida Score pada tanaman padi sangat penting untuk memastikan perlindungan terhadap tanaman dari serangan penyakit. Waktu yang tepat untuk penyemprotan adalah pada saat tanaman padi berusia 14-21 hari setelah tanam. Selain itu, perlu diperhatikan juga cara penyemprotan yang tepat, interval waktu penyemprotan yang teratur, serta penggunaan dosis yang sesuai dengan yang dianjurkan.

Dengan melakukan semua hal tersebut, diharapkan petani dapat memperoleh hasil panen yang maksimal dan menghindari kerugian akibat serangan penyakit.

Author: Roup Purohim~ Nutaniman yang telah pengalaman lebih dari 15 tahun bekerja pada industri agrokimia, ini adalah cara saya membagikan apa yang saya ketahui yang terkait dengan tani, pertanian, bisnis pertanian, dan hal lain yang berkaitan dengan dunia petani. Selengkapnya Disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

<